Labels

Monday, October 21, 2013

PROGRAM KERJA GERAKAN PRAMUKA PENGGALANG



 
PROGRAM KERJA
GERAKAN PRAMUKA  


























SMP SWADAYA


KATA PENGANTAR

            Marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Subhaanahu wa Ta’ala yang telah memberikan rahmat dan karunianya kepada kita sekalian, semoga Allah Subhaanahu wa Ta’ala senantiasa memberikan bimbingan petunjuk dan perlindunganNya. Shalawat dan Salam kita marilah kita sama-sama haturkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam beserta para keluarga, sahabat, dan pengikut-pengikut beliau sampai akhir zaman.
            Suatu perencanaan merupakan suatu langkah awal dalam meraih kesuksessan dalam melakukan suatu kegiatan, begitu juga halnya dengan penyusunan Program kerja Gerakan Pramuka di Pangkalan SMP SWADAYA . Isi dari program kerja merupakan arahan dalam melaksanakan kepramukaan yang lebih baik dan disesuaikan dengan kebutuhan sekarang. Namun program kerja ini dapat dikatakan masih belum sempurna, sehingga dapat dihasilkan sesuatu pelaksanaan program kerja yang lebih baik dalam kepramukaan selanjutnya di Pangkalan SMP SWADAYA.
Adapun tolak ukur dari program kerja ini disusun berdasarkan sistematika yang sangat sederhana dan dapat berkesinambungan. Mudah-mudahan program kerja ini dapat direalisasikan dengan tepat pada sasarannya yaitu peserta didik. Kita menyadari bahwa semua program kerja yang telah disusun dan akan dilaksanakan dengan kemungkinan-kemungkinan yang ada pada waktu pelaksanaannya selalu ada hambatan walaupun tidak seluruhnya, sehingga seorang Pembina Pramuka mengambil jalan pintas agar semua program dapat diaksanakan dengan baik. Akhirnya, semoga Allah SWT selalu memberikan dan meridhoi segala perjuangan dan pengorbanan kita dalam membina peserta didik sebagai generasi penerus yang terampil, cerdas, disiplin, dan berakhlakul karimah.

Bandar- Lampung ,    Juni 2013
Penulis,



 
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
………………………………………………………………………..

DAFTAR ISI
………………………………………………………………………..

BAB I PENDAHULUAN



A.
Latar Belakang
………………………………………………………………………..


B.
Landasan Hukum
………………………………………………………………………..


C.
Pengertian
………………………………………………………………………..


D.
Tujuan
………………………………………………………………………..


E.
Sasaran
………………………………………………………………………..


I.
Ruang Lingkup
………………………………………………………………………..


J.
Struktur Organisasi
………………………………………………………………………..


K.
Pelaksanaan Kegiatan
………………………………………………………………………..


L.
Kepengurusan
………………………………………………………………………..






BAB II MEKANISME KERJA DAN ADMINISTRASI


A.
Mekanisme Kerja
………………………………………………………………………..


B.
Pelaksanaan Latihan/ Kegiatan
………………………………………………………………………..


C.
Administrasi Gudep
………………………………………………………………………..






BAB III PROGRAM KERJA


A.
Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik
………………………………………………………………………..


B.
Bidang Pendidikan Orang Dewasa
………………………………………………………………………..






BAB IV ANGGARAN GUDEP

BAB V PENUTUP

LAMPIRAN-LAMPIRAN



BAB I
P E N D A H U L U A N

A.   Latar Belakang
Pendidikan Nasional bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja, bertanggungjawab serta sehat jasmani dan rohani.
Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan kegiatan melalui jalur sekolah dan jalur luar sekolah,yaitu dengan ekstrakurikuler, jalur luar sekolah tersebut diantaranya adalah pendidikan oleh Gerakan Pramuka.
Pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di sekolah merupakan salah satu kegiatan ektrakurikuler yang dilaksanakan di sekolah bersangkutan. Kegiatannya dilaksanakan melaui Gugus Depan Gerakan Pramuka yang berpangkalan di sekolah dan upaya pembinaan melalui proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Sebuah langkah awal dalam mencapai maksud dan tujuan Gerakan Pramuka dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dalam membangun dan menciptakan kader pemimpin masa depan,  maka agar pendidikan kepramukaan benar-benar dapat dilaksnakan sebaik-baiknya dan dapat menunjang pencapaian tujuan pendidikan nasional.

B.  Landasan Hukum
1.    Undang-Undang no.12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka
2.    Keputusan Musyawarah Nasional Luar Biasa Gerakan Pramuka Tahun 2012 Nomor: 05/Munaslub/2012 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
3.    Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 137 Tahun 1987 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugusdepan Gerakan Pramuka.




C. Pengertian
1.    Kegiatan Ekstra Kurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah/madrasah.
2.    Pangkalan adalah tempat kedudukan Gugus Depan.
3.    Gerakan Pramuka adalah organisasi yang dibentuk oleh pramuka untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan.
4.    Gugus Depan adalah satuan pendidikan dan satuan organisasi terdepan penyelenggara pendidikan kepramukaan.
5.    Pembina Pramuka dan Pembantu Pembina Pramuka adalah Anggota Dewasa yang terlibat langsung dalam proses penyelenggaraan kepramukaan
6.    Pembina adalah guru disekolah yang aktif dalam gerakan pramuka adalah Pembina yang sama mempunyai hak untuk memberikan pembinaan.
7.    Pembina GUDEP adalah guru yang diberi wewenang untuk memegang jalanya kegiatan Pramuka yang membawahi sekurang-kurangnya 24-32 orang penggalang atau 4 regu.
8.    Regu adalah kelompok belajar interaktif teman sebaya usia antara 11-15 tahun yang disebut Pramuka Penggalang.

D. Tujuan
1.    Tujuan program kegiatan ekstrakurikuler di bidang kepramukaan adalah wadah pembinaan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip metodik kepramukaan yang pelaksanaanya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan , dan perkembangan bangsa dan Negara, agar:
a.    Menjadi manusia berkepribadian, berwatak,  dan berbudi pekerti luhur yang:
1)   beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kuat mental, emosional, dan tinggi moral
2)   tinggi kecerdasan dan mutu keterampilannya
3)   kuat dan sehat jasmaninya
b.  warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada   Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan,  baik lokal,  nasional,  maupun internasional.
2.    Tujuan pembinaan ektrakurikuler di bidang kepramukaan disekolah adalah untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya di bidang pembinaan kesiswaan dalam pembentukan watak dan kepribadiansiswa melalui kegiatan kepramukaan.
E. Sasaran
Sasaran yang ingin dicapai dengan diselenggarakannya pembinaan kepramukaan adalah sebagai berikut :
1.     kuat keyakinan beragamanya;
2.     tinggi mental dan moralnya, serta berjiwa Pancasila;
3.     sehat, segar dan kuat jasmaninya;
4.     cerdas, tangkas dan terampil;
5.     berpengetahuan luas dan dalam;
6.     berjiwa kepemimpinan dan patriot;
7.     berkesadaran nasional dan peka terhadap perubahan lingkungan;
8.     berpengalaman banyak

F. Ruang Lingkup
Ruang lingkup pembinaan Gerakan Pramuka di Pangkalan SMP SWADAYA Bandar-Lampung , mengacu kepada pola umum Gerakan Pramuka yang meliputi segala bidang dalam Gerakan Pramuka.

G. Struktur Organisasi
Struktur organisasi Gugus Depan Gerakan Pramuka diatur dengan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 231 Tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugusdepan Gerakan Pramuka. (terlampir).

H. Pelaksanaan Kegiatan
1.    Pelaksanaan pembinaan Gerakan Pramuka di Pangkalan SMP SWADAYA Bandar-Lampung mengacu kepada prinsip dasar metodik kepramukaan yang Menggunakan pandangan dan memerlukan tiap peserta didik sebagai mahluk Tuhan,mahluk pribadi dan mahluk sosial.
2.    Para pendidik merupakan subjek didik, yang ikut menetukan ragam kegiatan kepramukaan, yaitu dengan memperhatikan minat, bakat,kemampuan dan kebutuhan mereka.
3.    Kerpamukaan juga dilandasi dengan ;
a.    Pendidikan yang berpusat pada Allah SWT sebagai bentuk kepercayan agama Islam.
b.    Pendidikan yang bersifat pada anak dan pemuda, yaitu bahwa kegiatannya dilakukan atas  prakarsa mereka dari, oleh danuntuk mereka sendiri, serta oleh mereka pula meskipun tetap di bawahtanggungjawab orang dewasa.
c.    Pendidikan yang berpusat pada masyarakat yaitu bahwa kegiatannya disesuaikan dengan keadaan, kemampuan, harapan dan kebutuhan masyarakat.

I. Kepengurusan
 Susunan Pengurus Gugus Depan;
a.    Ka. Mabigus
b.    Pembina Gudep Putra/Putri
c.    Pembantu Pembina Putra/Putri
d.    Anggota (Siswa)

 







BAB II
MEKANISME KERJA DAN ADMINISTRASI


A.   Mekanisme Kerja
Kedudukan Gudep sebagai wadah keanggotaan bagi pesertadidik yang berpangkalan di SMP SWADAYA Bandar lampung. Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan Pramuka pada Gudep yang berpangkalan di sekolah mendapat persetujuan kepala sekolah selaku Ketua Mabigus.

B.  Pelaksanaan Latihan / Kegiatan
1.    Pelaksanaan latihan/Kegiatan golongan peserta didik dilakukan di pangkalan.
2.    Pelaksanaan kegiatan dilakukan sebanyak mungkin dengan praktik dan tetap memperhatikan ketertiban, keamanan, berupa kegiatan nyata yang memberi kesempatan kepada peserta didik menerapkan pengetahuandan kecakapan yang sesuai dengan usia, kemampuan jasmani dan rohani.
3.    Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara praktis, yaitu; sederhana, mudah, memanfaatkan sumber daya yang ada, dan menghemat biaya, tetapi berhasil dan tepat guna.
4.    Pelaksanaan latihan/Kegiatan berupaya mencapai AD Gerakan Pramuka.
5.    Pelaksanaan kegiatan disusun secara berkala dalam program (terlampir).

C.  Administrasi GUDEP
Administrasi Gugus Depan merupakan alat bantu bagi kelancaran jalannya Gugus Depan. Maka dari itu, di bawah ini beberapa contoh administrasi yang ada di Gugus Depan dengan format terlampir.
1.      Buku Induk
a.      Nomor urut
b.      Nomor induk
c.       Nomor tanda anggota
d.      Nama anggota serta golongan
e.      Agama
f.        Golongan darah
g.      Sekolah atau pekerjaan
h.      Nama orang tua
i.        Catatan pelantikan dan tingkat atau golongan usia
j.        Keterangan lain
2.      Buku Keuangan
3.      Buku Rislah Rapat
4.      Buku Inventaris Barang
5.      Buku Kegiatan
6.      Buku Harian
7.      Buku Data Pribadi
8.      Buku Program kerja

 



















BAB III
PROGRAM KEGIATAN

A.   Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik
1.      Pencapaian SKU
2.      Meningkatkan latihan Pramuka Penggalang dari pengglang
-          Ramu
-          Rakit
-          Terap
3.      Pencapaian SKK
Berupaya mencapai 10 macam SKK Wajib meliputi :
-          2 macam SKK keagamaan
-          2 macam SKK patriotisme dan seni budaya
-          2 macam SKK ketangkasan dan kesehatan
-          2 macam SKK keterampilan dan tehnik pembangunan
-          2 macam SKK social, kemanusian, gotong-royong, ketertiban masyarakat dan lingkungan hidup.
4.      Danpinru 1 kali
5.      Persami (daerah dekat) 2 kali
6.      Perkemahan jauh 1 kali
7.      Lomba tingkat 1 kali
8.      Bahkti Masyarakat

B.   Kegiatan Pendidikan Orang Dewasa
1.      Mengikutsertakan Pembina atau Pembantu Pembina dalam pendidikan seperti KMD, KML, KPD, KPL atau diklat lainnya.
2.      Mengikutsertakan Pembina GUDEP/ Pembantu Pembina pertemuan-pertemuan di Kwarran/Kwarcab.



BAB IV
ANGGARAN GUDEP

Anggaran GUDEP diperoleh dari :
1.      Iuran anggota yang besarnya ditentukan oleh musyawarah GUDEP
2.      Anggaran Pramuka yang pungut dari siswa melalui daftar ulang besarnya ditentukan dalam musyawarah GUDEP
3.      Bantuan dari masyarakat yang tidak mingikat
4.      Usaha-usaha lain yang tidak bertentangan dengan perturan perundang-undangan, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
















BAB V
P E N U T U P

Akhir kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan pada kami, sehingga kami dapat membantu dalam sesuai dengan kemampuan yang kami miliki saat ini. Selanjutnya, kami mohon maaf sebesar-besarnya jikalau dalam kegiatan di lapangan maupun pengadaan administrasi yang kami buat jauh dari sempurna, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi terwujudnya kegiatan dan program yang lebih baik di masa yang akan datang.


























LAMPIRAN



STRUKTUR ORGANISASI PASUKAN PENGGALANG  GUGUS DEPAN
PANGKALAN SMP SWADAYA Bandar-Lampung











MABIGUS

PEMBINA GUDEP






































DEWAN KEHORMATAN
PENGALANG
DEWAN PENGGALNG

PASUKAN
2 ORG PEMBINA
2 ORG P. PEMBINA/ PELATIH














































PRATAMA PUTRA
PRATAMA PUTRI




























































PEMIMPIN REGU
WK. PEMIMPIN
ANGGOTA (5-10 ORG)

PEMIMPIN REGU
WK. PEMIMPIN
ANGGOTA (5-10 ORG)

PEMIMPIN REGU
WK. PEMIMPIN
ANGGOTA (5-10 ORG)



























FORMULIR PENDAFTARAN CA.PASTRIKARTRI GERAKAN PRAMUKA
GUGUS DEPAN......................  PANGKALAN SMP SWADAYA BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2013-2014

1.
Nama Lengkap
:
photo Warna
 
.....................................................................
2.
Tempat/ Tanggal Lahir
:
......................................................................
3.
Agama
:
.......................................................................
4.
Nama Orang Tua/ Wali
:
..........................................................................................
5.
Perkerjaaan Orang Tua/ Wali
:
..........................................................................................
6.
Anak ke
:
..........................................................................................

Jumlah Saudara
:
Pa....... Orang/ Pi....... Orang
7.
Golongan Darah
:
..........................................................................................
8.
Alamat Rumah
:
..........................................................................................

..................................................................................................................................................
9.
Bakat dan Hobi
:
..........................................................................................

..................................................................................................................................................
10.
Hal yang perlu diperhatikan (kebiasaan, Kesehatan, Bahasa yang dikuasai): ..........................

..................................................................................................................................................

..................................................................................................................................................
11.
Pemgalaman dalam Kepramukaan Tahun :

Sebagai ............................................................................................
Tahun ............

Sebagai ............................................................................................
Tahun ............

Sebagai ............................................................................................
Tahun ............
Lain-lain :..................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................






Bandar Lampung,     Juli 2013
Mengetahui,  


(..............................................)
NIS :


DAFTAR INDUK/ NTA ..........................
GERAKAN PRAMUKA GUGUS DEPAN  ...............................
                                  PANGKALAN SMP SWADAYA BANDAR LAMPUNG  
nNNo
No. Induk
NTA
Nama
Gol. Darah
Nama Orang Tua/ wali
Pekerjaan Orang Tua/ wali
Tingkat
Ket



















PENERIMAAN DAN PENGELUARAN UANG
GUGUS DEPAN  ...................................
PANGKALAN SMP SWADAYA BANDAR LAMPUNG
Bulan : .............................
TANGGAL
URAIAN
NO. BUKTI PENERIMAAN (Rp)
PENGEKUARAN (Rp)
KET










Lampung Selatan, ............................... 2013
Pembina GUDEP

(...........................................)
DAFTAR INVENTARIS
GUGUS DEPAN  .............................
PANGKALAN SMP SWADAYA BANDAR LAMPUNG
No
Nama Barang
Merk/ Type Kode Barang
Jumlah Barang
Harga
Cara/ Tgl. Pengadaan
Kondisi/ Ket














BUKU TAMU GUGUS DEPAN  ...................................
PANGKALAN SMP SWADAYA BANDAR LAMPUNG
No
Nama
Alamat
Jabatan
Tujuan
Saran/ Pesan
Paraf

















LAPORAN PER SEMESTER, DATA DAN KEGIATAN
GUGUS DEPAN  .....................................
PANGKALAN SMP SWADAYA BANDAR LAMPUNG
I.UMUM
1.      Gugus Depan              :
2.      Alamat                        :
3.      Tempat Berlatih         :

II. KEANGGOTAAN
1.      Orang Dewasa
a.      Pembina Gugus Depan                             :
b.      Pembina dan Pembantu Penggalang       :
2.      Peserta Didik
a.      Penggalang Pa
Ø  Ca. Paskit        :           orang
Ø  Ramu               :           orang
Ø  Rakit                :           orang
Ø  Terap               :           orang
b.      Pengalang Pi
Ø  Ca. Paskit         :           orang
Ø  Ramu               :           orang
Ø  Rakit                :           orang
Ø  Terap               :           orang
3.      Laporan Tingkat TKK
III.  KEGIATAN
1.      Gugus Depan
2.      Pasukan Penggalang

IV. KEUANGAN
1.      Pemasukan      : Rp
2.      Pengeluaran    : Rp
Saldo               : Rp
Dukungan Kegiatan (dilampirkan)
V. PENUTUP

Bandar lampung,................. 2013
Pembina Gudep                                                          Pratama Putra SMP SWADAYA
 BANDAR LAMPUNG


(................................)                                                  (................................)
NIP.                                                                              NTA.

Mengetahui/ Menyetujui,
Ka. Mabigus SMP SWADAYA Bandar Lampung

(................................)
NIP.


























CATATAN PRIBADI PASTRIKARTRI
SMP SWADAYA BANDAR LAMPUNG
1.
Nama Lengkap
:

photo Warna
 
2.
Tempat/ Tanggal Lahir
:


3.
Agama
:


4.
Masuk Pramuka Tanggal
:


5.
Sifat yang perlu dikembangkan :
6.
Sifat-sifat yang kurang baik perludikurangi :
7.
Kepemimpinan yang pernah dialami/ diikiuti :
8.
Peristiwa-peristiwa penting selama menjadi anggota pramuka :
9.
Observasi terhadap pribadi anggota :

Kecerdasan
 :

Gotong-royong
 :

Disiplin
 :

Kegembiraan
 :

Suka menolong/membantu
 :

Kejujuran
 :

Inisiatif
 :

Kepribadian/mentalitas
 :

Kreatifitas
 :

Pengabdian
 :

No.
Peristiwa Penting
Tanggal
Tempat

1.       
Naik golongan penggalang



2.       
Dilantik penggalang



3.       
Menjadi penggalang ramu



4.       
Menjadi penggalang rakit



5.       
Menjadi penggalang rakit


10.
Kepramukaan/kegiatan lain yang pernah diikuti
11.
Penyakit/gangguan kesehatan yang pernah diderita
12
Mutasi anggota tanggal










PROGRAM KERJA 4 BULAN PASUKAN PENGGALANG
BULAN OKTOBER s.d JANUARI
PERIODE 2013-2014

NO
KEGIATAN
BULAN
JUMLAH PENGGALaNG
KET
1
2
3
4








1
Penerimaan kenaikan golonga Siaga Ke Golongan Penggalang






2
Latihan SKU Penggalang Ramu







Ujian SKU Penggalang Ramu







Pelantikan Penggalang Ramu 







Latihan SKU Penggalang Rakit






3
Ujian SKU Penggalang rakit







Kenaikan Tingkat Penggalang







Ramu ke Penggalang Rakit







Latihan SKU Penggalang Terap






4
Ujian SKU Penggalang Terap







Kenaikan Tingkat Penggalang Rakit ke Penggalang Terap






5
Latihan SKK .............







Ujian SKK ................







Penyematan SKK..............






6
Gladian Pimpinan Regu






7
Perkemahan dekat (Persami)






8
Perkemahan jauh






9
Lomba Tingkat 1






10
Bhakti Masyarakat






11
Kegiatan lainnya........







Mengetahui,
Ka. Mabigus                                                                            Pembina GUDEP


Nama                                                                                      Nama



PROGRAM  KERJA TAHUNAN PASUKAN PENGGALANG
GUGUS DEPAN ............................ PANGKALAN SMP SWADAYA BANDAR LAMPUNG
PERIODE 2013-2014
NO
KEGIATAN
BULAN
KET
10
11
12
01
02
03
04
05
06
07













1
Penerimaan kenaikan golonga Siaga Ke Golongan Penggalang











2
Latihan SKU Penggalang Ramu












Ujian SKU Penggalang Ramu












Pelantikan Penggalang Ramu 












Latihan SKU Penggalang Rakit











3
Ujian SKU Penggalang rakit












Kenaikan Tingkat Penggalang












Ramu ke Penggalang Rakit












Latihan SKU Penggalang Terap











4
Ujian SKU Penggalang Terap












Kenaikan Tingkat Penggalang Rakit ke Penggalang Terap











5
Latihan SKK .............












Ujian SKK ................












Penyematan SKK..............











6
Gladian Pimpinan Regu











7
Perkemahan dekat (Persami)











8
Perkemahan jauh











9
Lomba Tingkat 1











10
Bhakti Masyarakat











11
Kegiatan lainnya........












Mengetahui,
Ka. Mabigus                                                                            Pembina GUDEP


Nama                                                                                      Nama



JADWAL ACARA LATIHAN
Hari                 : ………………………..
Tanggal           : ………………………..
Waktu              : ………………………..
No
Waktu
Sasaran
Acara
Alat
Petugas
Ket
Pokok
Pengganti










































JADWAL ACARA LATIHAN
Hari                             : ………………………..
Tanggal                       : ………………………..
Waktu                          : ………………………..
Pokok Permasalahan  : ………………………..
Pencatat                      : ………………………..

No
Permasalahan
Pemecahan
Keterangan











No comments:

Post a Comment