Esay 2
Delapan kecerdasan yang
mendasari manusia
Oleh: baidowi_1213032016
Pengertian
Kecerdasan
Apa
itu kecerdasan Dalam mengartikan
kecerdasan, para ahli mempunyai pengertian yang beragam. Kecerdasan atau intelegensi
dapat dipandang sebagai kemampuan memahami dunia, berpikir rasional, dan
menggunakan sumber-sumber secara efektif pada saat dihadapkan dengan tantangan.
Ada juga yang berpendapat bahwa pengertian
kecerdasan adalah kemampuan general manusia untuk melakukan
tindakan-tindakan yang mempunyai tujuan dan berpikir dengan cara rasional.
Selain itu, kecerdasan dapat juga diartikan sebagai kemampuan pribadi untuk
memahami, melakukan inovasi, dan
memberikan solusi terhadap dalam berbagai situasi. Kecerdasan juga mampu
menghadapi segala tantangan yang akan di jumpai dalam dunia kerja dan lain
sebagainya. Jika seseorang tidak di landasi dengan kecerdasan maka ia akan
cenderung mengikuti arus dan tidak bisa mensiasati dalam berbagai bentuk
persoalan.
Kecerdasan Majemuk.
Kecerdasan majemuk multi menyatakan bahwa
kecerdasan merupakan potensi biologis asli manusia dengan kemampuan khusus. Ada
delapan tipe kecerdasan dalam Multiple Intelligences:
1. Cerdas Bahasa
Mengacu pada
penggunaan efektif bahasa lisan atau tertulis dan kemampuan bahasa. Siswa
ini cenderung baik dalam tata bahasa, fonologi, bahasa, dikombinasikan dengan
pembelajaran praktis dan kemampuan untuk menggunakannya dengan lancar. Siswa
cerdas bahasa yang kuat seperti bermain dengan kata-kata, menikmati membaca,
diskusi dan menulis.
Ciri-ciri :
Dapat
berargumentasi, meyakinkan orang lain, menghibur atau mengajar dengan efektif
lewat kata-kata.
2. Cerdas Matematika.
Mengacu pada
penggunaan efisien nomor dan kemampuan penalaran. Kecerdasan majemuk anak jenis ini
mengandalkan penalaran atau menjelajahi ketika belajar. Mereka dapat belajar
dengan baik melalui komputasi, menghitung, grafik, membandingkan dan mengklasifikasi.
Anak yang cerdas matematika memiliki kekurangan dalam membaca namun tajam dalam
berpikir. Bahkan yang memiliki kecerdasan matematika dalam perkerjaannya selalu
berhati-hati dan memikirkan dampak akan sebuah hasil benar atau salahnya.
Ciri-ciri
:
ü Mudah
membuat klasifikasi dan kategorisasi.
3.
Cerdas Spasial
Mengacu pada
pengertian yang tepat tentang ruang, visualisasi, dan kemampuan untuk
menunjukkan perasaan. Para mahasiswa yang baik dengan warna, garis, bentuk,
bentuk, ruang dan peka terhadap hubungan antara mereka, mereka juga memiliki
kemampuan untuk dengan cepat menemukan arah. Kegiatan berburu, bermain
teka-teki, dan suka membayangkan atau berimajinasi. Mereka berpikir dalam
gambar dan diagram. Mereka dapat belajar dengan baik melalui melukis,
menggambar, menonton film, ilustrasi, pemetaan dan visualisasi.
Ciri-ciri
:
Kepekaan
tajam untuk detail visual, keseimbangan, warna, garis, bentuk dan ruang.
4. Cerdas Fisik.
Orang-orang
yang mempunyai kecerdasan ini pandai menggunakan seluruh tubuh untuk
mengungkapkan pikiran dan perasaan. Mereka keahlian fisik khusus, seperti
keseimbangan, koordinasi, kelincahan, kekuatan, fleksibilitas dan kecepatan,
serta kemampuan taktis. Mereka suka sekali kegiatan di luar ruangan, anak-anak
dengan kecerdasan
majemuk gardner ini belajar melalui sensasi tubuh dan apat belajar
dengan baik melalui pengalaman langsung, seperti drama, tari, dan bermain
peran.
Ciri-ciri
:
ü Menikmati
kegiatan fisik (olahraga).
ü Cekatan
dan tidak bias tinggal diam.
5.
Cerdas Musik.
Orang yang
mempunyai kecerdasan musik mereka mengacu pada deteksi, identifikasi,
perubahan dan kemampuan untuk mengekspresikan musik. Kecerdasan ini mencakup
ritme, pitch, melodi atau sensitivitas suara . Mereka biasanya punya suara yang
bagus dan dapat dengan mudah mengidentifikasi apakah iramanya tepat. Mereka
sangat sensitif, mampu bekerja sambil mendengarkan musik, mereka pandai
memainkan alat musik dan dapat mengingat lagu baru dengan mudah. Orang-orang
dengan kecerdasan ini berpikir melalui melodi dan irama , mereka dapat
belajar dengan baik melalui menulis, menyanyi, dan mengarang lagu lirik,
improvisasi dan menulis jingle.
Ciri-ciri
:
ü Peka
nada dan menyanyi lagu dengan tepat.
6. Cerdas Interpersonal.
Orang dengan
kecerdasan ini sadar dan mampu membedakan antara emosi orang lain, niat,
motivasi dan kemampuan indrawi. Ini termasuk ekspresi wajah, suara dan gerakan
kepekaan, untuk mengidentifikasi hubungan yang berbeda dengan sindiran –
sindiran dan kemampuan untuk menyarankan tanggapan yang sesuai. Mereka biasanya
lebih memilih organisasi-organisasi dan berpartisipasi pada permainan olahraga
olahraga kelompok seperti basket, dan sepak bola. Orang – orang ini merasa
sangat nyaman di tengah keramaian, mereka biasanya para pemimpin kelompok.
Anak-anak dalam kategori teori kecerdasan majemuk ini dapat
belajar dengan baik melalui negosiasi, kerja kelompok, kegiatan tim, berdebat
dan berbagi.
Ciri-ciri
:
ü Menghadapi
orang lain dengan penuh perhatian, terbuka.
ü Menjalin
kontak mata dengan baik.
7. Cerdas intrapersonal
Orang yang
cerdas secara intrapersonal lebih mengacu pada pengetahuan diri, dan mengukur
pada kapasitas yang tepat untuk bertindak secara bijaksana. Mereka biasanya
menyadari batin, emosi, niat, motivasi, temperamen, dan keinginan, serta
kemampuan untuk disiplin diri, pengetahuan diri dan harga diri. Cerdas dan
kesadaran diri yang kuat biasanya mampu mempertahankan buku harian atau
kebiasaan tidur control diri, memahami kekuatan dan kelemahan; sering mundur
untuk merencanakan tujuan hidup. Anak-anak dalam kategori ini belajar terbaik
mendalam melalui refleksi diri, menulis jurnal, penelitian. Bagi mereka,
lingkungan belajar yang ideal bagi mereka mungkin sendirian atau mandiri.
Ciri-ciri :
Membedakan
berbagai macam emosi.
Mudah
mengakses perasaan sendiri.
8. Cerdas Alam
Orang-orang
ini pandai mengamati alam, mengidentifikasi kapasitas fenomena alam,
tetapi juga bisa berhubungan baik dengan alam. Mereka dapat belajar dengan baik
melalui pengamatan, membandingkan, klasifikasi, menemukan tangan dan pengalaman
dari alam.
Ciri-ciri :
ü Mencintai
lingkungan.
ü Mampu
mengenali sifat dan tingkah laku binatang.
Pustaka :
No comments:
Post a Comment