Labels

Monday, May 12, 2014

Delapan Kecerdasan



Esay 2
Delapan kecerdasan yang mendasari manusia
Oleh: baidowi_1213032016
                Pengertian Kecerdasan
      Apa itu kecerdasan Dalam mengartikan kecerdasan, para ahli mempunyai pengertian yang beragam.      Kecerdasan    atau intelegensi dapat dipandang sebagai kemampuan memahami dunia, berpikir rasional, dan menggunakan sumber-sumber secara efektif pada saat dihadapkan dengan tantangan. Ada juga yang berpendapat bahwa pengertian kecerdasan adalah kemampuan general manusia untuk melakukan tindakan-tindakan yang mempunyai tujuan dan berpikir dengan cara rasional. Selain itu, kecerdasan dapat juga diartikan sebagai kemampuan pribadi untuk memahami, melakukan inovasi, dan memberikan solusi terhadap dalam berbagai situasi. Kecerdasan juga mampu menghadapi segala tantangan yang akan di jumpai dalam dunia kerja dan lain sebagainya. Jika seseorang tidak di landasi dengan kecerdasan maka ia akan cenderung mengikuti arus dan tidak bisa mensiasati dalam berbagai bentuk persoalan.
               Kecerdasan Majemuk.                                                  
       Kecerdasan majemuk multi menyatakan bahwa kecerdasan merupakan potensi biologis asli manusia             dengan   kemampuan khusus. Ada delapan tipe kecerdasan dalam Multiple Intelligences:
      1.  Cerdas Bahasa
Mengacu pada penggunaan efektif bahasa lisan atau tertulis dan  kemampuan bahasa. Siswa ini cenderung baik dalam tata bahasa, fonologi, bahasa, dikombinasikan dengan pembelajaran praktis dan kemampuan untuk menggunakannya dengan lancar. Siswa cerdas bahasa yang kuat seperti bermain dengan kata-kata, menikmati membaca, diskusi dan menulis.


Ciri-ciri :
Dapat berargumentasi, meyakinkan orang lain, menghibur atau mengajar dengan efektif lewat kata-kata.
       2. Cerdas Matematika.
Mengacu pada penggunaan efisien nomor dan kemampuan penalaran. Kecerdasan majemuk anak jenis ini mengandalkan penalaran atau menjelajahi ketika belajar. Mereka dapat belajar dengan baik melalui komputasi, menghitung, grafik, membandingkan dan mengklasifikasi. Anak yang cerdas matematika memiliki kekurangan dalam membaca namun tajam dalam berpikir. Bahkan yang memiliki kecerdasan matematika dalam perkerjaannya selalu berhati-hati dan memikirkan dampak akan sebuah hasil benar atau salahnya.
Ciri-ciri :
ü Mudah membuat klasifikasi dan kategorisasi.
       3. Cerdas Spasial
Mengacu pada pengertian yang tepat tentang ruang,  visualisasi, dan kemampuan untuk menunjukkan perasaan. Para mahasiswa yang baik dengan warna, garis, bentuk, bentuk, ruang dan peka terhadap hubungan antara mereka, mereka juga memiliki kemampuan untuk dengan cepat menemukan arah.  Kegiatan berburu, bermain teka-teki, dan suka membayangkan atau berimajinasi. Mereka berpikir dalam gambar dan diagram. Mereka dapat belajar dengan baik melalui melukis, menggambar, menonton film, ilustrasi, pemetaan dan visualisasi.
Ciri-ciri :
 Kepekaan tajam untuk detail visual, keseimbangan, warna, garis, bentuk dan ruang.


             4. Cerdas Fisik.
Orang-orang yang mempunyai kecerdasan ini  pandai menggunakan seluruh tubuh untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan. Mereka keahlian fisik khusus, seperti keseimbangan, koordinasi, kelincahan, kekuatan, fleksibilitas dan kecepatan, serta kemampuan taktis. Mereka suka sekali kegiatan di luar ruangan, anak-anak dengan kecerdasan majemuk gardner ini belajar melalui sensasi tubuh dan apat belajar dengan baik melalui pengalaman langsung, seperti drama, tari, dan bermain peran.
Ciri-ciri :
ü Menikmati kegiatan fisik (olahraga).
ü Cekatan dan tidak bias tinggal diam.

       5.  Cerdas Musik.
Orang yang mempunyai kecerdasan musik mereka  mengacu pada deteksi, identifikasi, perubahan dan kemampuan untuk mengekspresikan musik. Kecerdasan ini mencakup ritme, pitch, melodi atau sensitivitas suara . Mereka biasanya punya suara yang bagus dan dapat dengan mudah mengidentifikasi apakah iramanya tepat. Mereka sangat sensitif, mampu bekerja sambil mendengarkan musik, mereka pandai memainkan alat musik dan dapat mengingat lagu baru dengan mudah. Orang-orang dengan kecerdasan ini berpikir melalui melodi  dan irama , mereka dapat belajar dengan baik melalui menulis, menyanyi, dan mengarang lagu lirik, improvisasi dan menulis jingle.
Ciri-ciri :
ü Peka nada dan menyanyi lagu dengan tepat.
       6. Cerdas Interpersonal.
Orang dengan kecerdasan ini sadar dan mampu membedakan antara emosi orang lain, niat, motivasi dan kemampuan indrawi. Ini termasuk ekspresi wajah, suara dan gerakan kepekaan, untuk mengidentifikasi hubungan yang berbeda dengan sindiran – sindiran dan kemampuan untuk menyarankan tanggapan yang sesuai. Mereka biasanya lebih memilih organisasi-organisasi dan berpartisipasi pada permainan olahraga olahraga kelompok seperti basket, dan sepak bola. Orang – orang ini merasa sangat nyaman di tengah keramaian, mereka biasanya para pemimpin kelompok. Anak-anak dalam kategori teori kecerdasan majemuk ini dapat belajar dengan baik melalui negosiasi, kerja kelompok, kegiatan tim, berdebat dan berbagi.
Ciri-ciri :
ü Menghadapi orang lain dengan penuh perhatian, terbuka.
ü Menjalin kontak mata dengan baik.
      7. Cerdas intrapersonal
Orang yang cerdas secara intrapersonal lebih mengacu pada pengetahuan diri, dan mengukur pada kapasitas yang tepat untuk bertindak secara bijaksana. Mereka biasanya menyadari batin, emosi, niat, motivasi, temperamen, dan keinginan, serta kemampuan untuk disiplin diri, pengetahuan diri dan harga diri. Cerdas dan kesadaran diri yang kuat biasanya mampu mempertahankan buku harian atau kebiasaan tidur control diri, memahami kekuatan dan kelemahan; sering mundur untuk merencanakan tujuan hidup. Anak-anak dalam kategori ini belajar terbaik mendalam melalui refleksi diri, menulis jurnal, penelitian. Bagi mereka, lingkungan belajar yang ideal bagi mereka mungkin sendirian atau mandiri.
Ciri-ciri :
Membedakan berbagai macam emosi.
 Mudah mengakses perasaan sendiri.

      8.  Cerdas Alam
Orang-orang ini  pandai mengamati alam, mengidentifikasi kapasitas fenomena alam, tetapi juga bisa berhubungan baik dengan alam. Mereka dapat belajar dengan baik melalui pengamatan, membandingkan, klasifikasi, menemukan tangan dan pengalaman dari alam.
Ciri-ciri :
ü Mencintai lingkungan.
ü Mampu mengenali sifat dan tingkah laku binatang.



Pustaka :


No comments:

Post a Comment