Labels

Monday, May 19, 2014

DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR



LAPORAN HASIL DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR PADA SISWA 

A. Identifikasi Masalah


1. Data Klien

Nama Siswa                            : Septiana Handayani
Sekola                                            Sekolah                                   : Madrasah Aliyah Nahdalatul Ulama
Kelas                                       : XII (IPA)
Alamat Siswa                          : Jl. Dr Sutomo Gg. Salam
Nama Orang Tua Siswa
Ayah                                       : Supriyanto
Ibu                                           : Iis Yuliani

2. Masalah yang Dihadapi

Siswi yang saat ini duduk di kelas XII IPA Madrasah Aliyah Nahdalatul Ulama mengalamai kesulitan belajar pada pelajaran bahasa inggris bahkan klien ini mendapat nilai Rapor merah untuk mata pelajaran bahasa inggris . Ia merasa kesulitan dalam mengartikan bahasa inggris ke bahasa indonesia yang diberikan oleh guru mata pelajarannya tersebut. Permasalahan lain yang dihadapi siswi ini ialah sering ditemukan guru masuk kelas tidak sesuai dengan jam pelajarannya alias telat masuk kelas. Selain itu juga siswi mengalami kesulitan belajar karena pasilitas kurang memadai dan papan tulis kurang jelas sehingga menyulitkan penglihatan siswi dan permasalahan lainnya ialah adanya kegiatan yayasan yang tidak ada sangkut pawutnya dengan kegiatan belajar mengajar sehingga waktu belajar sedikit terbuang. Selain itu masih banyak lagi permasalahan-permasalahan yang paling  dibutuhkan siswi ialah adanya    guru BK yang bisa membantu siswi mengatasi permasalahannya. Namun harapan ini sulit untuk bisa terwujud karena di madrasah belum mempunyai guru BK.

3. Indiktor Masalah

a. Hasil belajar siswi rendah
Berdasarkan hasil evaluasi belajar yang dilakukan oleh sekolah dengan mengadakan ujian (ulangan harian dan semester), di dapati hasil belajar siswi yang rendah dibandingkan dengan nilai mata pelajaran lainnya yang diujikan.

b. Perilaku salah atau tidak sesuai.
Dari pernyataan klien ini prilaku yang sering di lakukan di saat sekolah ialah:
·         Bolos sekolah
·         Merokok
·         Pacaran di lingkungan sekolah
·         Teleponan saat proses belajar berjalan
·         Melawan guru
·         Berantam antar teman dan
·         Kurang sunggu-sungguh dalam belajar.

c. Perilaku sosial berubah dari biasanya.
Dari pernyataan klien   Prilaku sosial yang sering di lakukan di saat sekolah ialah :
 
  •   Ribut di kelas dengan bernyayi
  •  ngegosipin artis dan guru
  •  Jail sesama temaan
  • PR dikerjakan di sekolah
  • Buang sampah sembarangan
  • Tidak mau piket kelas
  • Galau karena pacaran
  • Murung karena masalah keluarga
  • Sedih dapat nilai kecil


B. Pengumpulan Data

1. Sumber Data/Info
Data/info yang ada didapat langsung dari siswi serta surpe langsung ke madrasah.
Data tersebut yaitu berupa hasil belajar siswi baik mata pelajaran yang di anggap sulit, maupun mata pelajaran lainnya yang juga di pelajari oleh siswa di sekolahnya sehingga dapat menjadi bahan perbandingan serta pertimbangan dalam menentukan letak kesulitan belajar yang di hadapi oleh siswi tersebut.

2. Teknik yang Digunakan
Proses pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara. Wawancara dilakukan dengan siswi serta langsung ke TKP.
Selain dengan mengadakan wawancara secara langsung dengan siswi, data juga diproleh dengan membandingkan nilai mata pelajaran yang bermasalah dengan mata pelajaran lainnya serta memantau keseharian siswi.

C. Diagnosis

1. Penyebab Timbulnya Masalah
Siswi mengalami kesulitan dalam mata pelajaran Bahasa Inggris dikarenakan kurangnya pemahaman siswa dalam mata pelajaran tersebut yang menyebabkan nilai mata pelajaran bahasa inggrisnya rendah dibandingkan mata pelajaran yang lainnya. Selain itu, orang tua siswi juga kurang memahami tentang mata pelajaran tersebut sehingga mereka tidak dapat memberikan pengajaran tambahan kepada anaknya ketika dirumah, selain itu juga siswi sering sekali membiasakan prilaku buruk di rumah di bawa-bawa ke sekolah sehingga mereka sullit menemukan semangat belajar.

2. Sebab Primer dan Sebab Sekunder
Berdasarkan penyebab timbulnya masalah yang telah diketahui, dapat disimpulkan bahwa penyebab primer dari masalah yang ada yaitu kurangnya pemahaman siswa tentang mata pelajaran yang bersangkutan.
Sedangkan untuk penyebab sekundernya ialah kurangnya pengajaran tambahan dari orang tua di rumah dikarenakan pemahaman orang tua terhadap mata pelajaran Bahasa inggris yang juga kurang.

3. Hubungan antar Sebab
Dilihat dari sebab-sebab masalah yang telah diketahui, maka dapat diperoleh hubungan antar penyebab yang saling berkaitan.
Siswi mengalami kesulitan pemahaman dalam mata pelajaran Bahasa ingris. Orang tua siswi yang juga kurang memahami dalam mata pelajaran tersebut tidak dapat memberikan pengajaran tambahan untuk siswi di rumah sehingga mengakibatkan siswi memperoleh nilai yang rendah dalam mata pelajaran Bahasa inggris di bandingkan dengan mata pelajaran yang lainnya..

D. Prognosis
1. alternatif bantuan.
Dari melihat hasil wawancara langsung dengan klien maka dapat di ajukan beberapa alternatif bantuan untuk membantu siswi mengatasi permasalahan di saat belajar diantaranya.

  •   Di adakan guru BK di sekolah.

  •  Keseriusan guru saat mengajar

  •  Perhatian orang tua terhadap siswi
  •   Siswi harus bisa bersungguh-sungguh dalam belajar
  •   Berfikir positif
  • Berfikir untuk masa depan
  • Tinggalkan kenakalan yang merugikan.

2.Urutan prioritas (keutamaan)
·               Tingkatkan keseriusan guru dalam mengajar.  Adakas segera Guru BK




KESIMPULAN,SARAN  DAN PENUTUP

     A.    KESIMPULAN.
     Dari pembahasan tugas akhir di atas maka disini dapat ditarik suatu kesimpulan sebagai berikut:
  •  Septiyana handayani yang saat ini duduk di kelas XII IPA Madrasah Aliyah Nahdalatul Ulama mengalamai kesulitan belajar pada pelajaran bahasa inggris.
  •   Kesulitan tersebut disebabkan  kesulitan belajar karena pasilitas kurang memadai dan papan tulis kurang jelas sehinggan menyulitkan penglihatan serta kurang ketegasan dari guru-guru dan Kurangnya keseriusan siswa/siswi dalam belajar.
  •   Tidak adanya guru BK di sekolah menyulitkan pelajar untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahannya.
  
      B.     SARAN
Kepada seluruh pelajar jangan mudah menyerah dan jangan takut untuk mengejar cita-cita. Keseeriusan  dalam belajar insak allah bisa membantu kesulitan dalam belajar. Dan untuk MANU penulis memohon untuk di adakan guru Bk di sekolah untuk membantu siswa/i yang punya permasalahan belajar maupun permasalahan di luar sekolah yang masih ada ikatannya dalam proses belajar siswa.
Yakinlah kita pasti bisa setiap kemauan pasti ada jalan kemudahan.

      C.     PENUTUP
Alhamdulillah dengan kerja keras dan niat yang tulus penulis bisa menyelesaikan tugas akhir mata kuliah BK di Sekolah ini. Semoga apa yang ada di dalam tugas ini bisa berguna bagi kita semua. Walaupun demikian penulis menyadari sepenuhnya, dalam penyajian dan penulisan masih banyak sekali kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu penulis meminta maaf kepada kepala sekolah dan dewan guru MANU bila terdapat sikap , prilaku dan kata-kata penulis yang  kurang sopan.  Penulis  meminta maaf. Penulis disini hanya membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar. Dan bisa membawa kebaikan bagi kita semua. Selanjutnya penulis mengharapkan kritikan dan saran yang bersifat membangun pada semua pihak  untuk perbaikan atau penyelesaian penulisan tugas akhir ini.

Akhirnya dengan mengucapkan syukur alhamdulillah pada Allah Swt penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian penulisan tugas akhir ini mudah-mudahan tugas ini bermanfaat bagi saya khusunya, bagi pembaca dan pelajar pada umumnya.


DAFTAR PUSTAKA

Madrasah Aliyah Nahdalatul ulama Tanjung Karang
Septiyana Handayani siswi  kelas XII IPA MANU T.karang 2






































DAFTAR RIWAYAT HIDUP PENULIS


Nama                                       :  BAIDOWI
Tempat tanggal lahir               :  paku, 04 Juli 1993
Alamat                                    : Jl.lintas sumatra kec. Kelumbayan kab.Tanggamus

Nama ayah                             : Mansur
Nama ibu                                : siti rogaiyah
Alamat                                    : Jl.lintas sumatra kec. Kelumbayan kab.Tanggamus

Pendidikan                             : SD Negeri kelumbayan tanggamus 2005/2006
                                                 SMP Swadaya bandar Lampung  2008/2009
                                                 MANU Bandar Lampung  2011/2012
                                                 UNIVERSITAR LAMPUNG 2012 sampai dengan sekarang

No comments:

Post a Comment