LAPORAN
HASIL DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR PADA SISWA
A.
Identifikasi Masalah
1.
Data Klien
Nama
Siswa : Septiana Handayani
Sekola Sekolah : Madrasah Aliyah Nahdalatul Ulama
Kelas : XII (IPA)
Alamat
Siswa :
Jl. Dr Sutomo Gg. Salam
Nama
Orang Tua Siswa
Ayah : Supriyanto
Ibu : Iis Yuliani
2.
Masalah yang Dihadapi
Siswi yang saat ini duduk di
kelas XII IPA Madrasah Aliyah Nahdalatul Ulama mengalamai kesulitan belajar
pada pelajaran bahasa inggris bahkan klien ini mendapat nilai Rapor merah untuk
mata pelajaran bahasa inggris . Ia merasa kesulitan dalam mengartikan
bahasa inggris ke
bahasa indonesia yang diberikan oleh guru mata
pelajarannya tersebut. Permasalahan
lain yang dihadapi siswi ini ialah sering ditemukan guru masuk kelas tidak
sesuai dengan jam pelajarannya alias telat masuk kelas. Selain itu juga siswi
mengalami kesulitan belajar karena pasilitas kurang memadai dan papan tulis
kurang jelas sehingga menyulitkan penglihatan siswi dan permasalahan lainnya
ialah adanya kegiatan yayasan yang tidak ada sangkut pawutnya dengan kegiatan belajar
mengajar sehingga waktu belajar sedikit terbuang. Selain itu masih banyak lagi
permasalahan-permasalahan yang paling
dibutuhkan siswi ialah adanya guru BK yang bisa membantu siswi mengatasi permasalahannya. Namun
harapan ini sulit untuk bisa terwujud karena di madrasah belum mempunyai guru
BK.
3.
Indiktor Masalah
a.
Hasil belajar siswi
rendah
Berdasarkan
hasil evaluasi belajar yang dilakukan oleh sekolah dengan mengadakan ujian
(ulangan harian dan semester), di dapati hasil belajar siswi yang rendah
dibandingkan dengan nilai mata pelajaran lainnya yang diujikan.
b. Perilaku salah atau tidak sesuai.
Dari pernyataan klien ini prilaku yang sering di
lakukan di saat sekolah ialah:
·
Bolos
sekolah
·
Merokok
·
Pacaran
di lingkungan sekolah
·
Teleponan
saat proses belajar berjalan
·
Melawan
guru
·
Berantam
antar teman dan
·
Kurang
sunggu-sungguh dalam belajar.
c. Perilaku sosial berubah dari biasanya.
Dari pernyataan klien
Prilaku sosial yang sering di lakukan di saat sekolah ialah :
- Ribut di kelas dengan bernyayi
- ngegosipin artis dan guru
- Jail sesama temaan
- PR dikerjakan di sekolah
- Buang sampah sembarangan
- Tidak mau piket kelas
- Galau karena pacaran
- Murung karena masalah keluarga
- Sedih dapat nilai kecil
B.
Pengumpulan Data
1.
Sumber Data/Info
Data/info
yang ada didapat langsung dari siswi
serta surpe langsung
ke madrasah.
Data
tersebut yaitu berupa hasil belajar siswi baik mata pelajaran yang di anggap
sulit, maupun mata pelajaran lainnya yang juga di pelajari oleh siswa di
sekolahnya sehingga dapat menjadi bahan perbandingan serta pertimbangan dalam
menentukan letak kesulitan belajar yang di hadapi oleh siswi tersebut.
2.
Teknik yang Digunakan
Proses
pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara. Wawancara
dilakukan dengan siswi
serta
langsung ke TKP.
Selain dengan mengadakan
wawancara secara langsung dengan siswi, data juga diproleh dengan membandingkan
nilai mata pelajaran yang bermasalah dengan mata pelajaran lainnya serta
memantau keseharian siswi.
C.
Diagnosis
1.
Penyebab Timbulnya Masalah
Siswi mengalami kesulitan dalam
mata pelajaran Bahasa Inggris dikarenakan kurangnya pemahaman siswa dalam mata
pelajaran tersebut yang menyebabkan nilai mata pelajaran bahasa inggrisnya
rendah dibandingkan mata pelajaran yang lainnya. Selain itu, orang tua siswi
juga kurang memahami tentang mata pelajaran tersebut sehingga mereka tidak
dapat memberikan pengajaran tambahan kepada anaknya ketika dirumah, selain itu
juga siswi sering sekali membiasakan prilaku buruk di rumah di bawa-bawa ke sekolah
sehingga mereka sullit menemukan semangat belajar.
2.
Sebab Primer dan Sebab Sekunder
Berdasarkan penyebab
timbulnya masalah yang telah diketahui, dapat disimpulkan bahwa penyebab primer
dari masalah yang ada yaitu kurangnya pemahaman siswa tentang mata pelajaran
yang bersangkutan.
Sedangkan untuk penyebab
sekundernya ialah kurangnya pengajaran tambahan dari orang tua di rumah
dikarenakan pemahaman orang tua terhadap mata pelajaran Bahasa inggris yang
juga kurang.
3.
Hubungan antar Sebab
Dilihat dari sebab-sebab
masalah yang telah diketahui, maka dapat diperoleh hubungan antar penyebab yang
saling berkaitan.
Siswi mengalami kesulitan pemahaman dalam mata pelajaran
Bahasa ingris. Orang tua siswi yang juga kurang memahami
dalam mata pelajaran tersebut tidak dapat memberikan pengajaran tambahan untuk
siswi di rumah sehingga mengakibatkan siswi memperoleh nilai yang rendah dalam
mata pelajaran Bahasa inggris di bandingkan dengan mata pelajaran yang lainnya..
D. Prognosis
1.
alternatif bantuan.
Dari melihat hasil wawancara
langsung dengan klien maka dapat di ajukan beberapa alternatif bantuan untuk
membantu siswi mengatasi permasalahan di saat belajar diantaranya.
- Di adakan guru BK di sekolah.
- Keseriusan guru saat mengajar
- Perhatian orang tua terhadap siswi
- Siswi harus bisa bersungguh-sungguh dalam belajar
- Berfikir positif
- Berfikir untuk masa depan
- Tinggalkan kenakalan yang merugikan.
2.Urutan
prioritas (keutamaan)
·
Tingkatkan keseriusan guru dalam mengajar.
Adakas segera Guru BK
KESIMPULAN,SARAN DAN PENUTUP
A.
KESIMPULAN.
Dari pembahasan tugas akhir di atas maka disini
dapat ditarik suatu kesimpulan sebagai berikut:
- Septiyana handayani yang saat ini duduk di kelas XII IPA Madrasah Aliyah Nahdalatul Ulama mengalamai kesulitan belajar pada pelajaran bahasa inggris.
- Kesulitan tersebut disebabkan kesulitan belajar karena pasilitas kurang memadai dan papan tulis kurang jelas sehinggan menyulitkan penglihatan serta kurang ketegasan dari guru-guru dan Kurangnya keseriusan siswa/siswi dalam belajar.
- Tidak adanya guru BK di sekolah menyulitkan pelajar untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahannya.
B.
SARAN
Kepada seluruh pelajar jangan mudah menyerah dan
jangan takut untuk mengejar cita-cita. Keseeriusan dalam belajar insak allah bisa membantu
kesulitan dalam belajar. Dan untuk MANU penulis memohon untuk di adakan guru Bk
di sekolah untuk membantu siswa/i yang punya permasalahan belajar maupun permasalahan
di luar sekolah yang masih ada ikatannya dalam proses belajar siswa.
Yakinlah
kita pasti bisa setiap kemauan pasti ada jalan kemudahan.
C.
PENUTUP
Alhamdulillah dengan kerja
keras dan niat yang tulus penulis bisa menyelesaikan tugas akhir mata kuliah BK
di Sekolah ini. Semoga apa yang ada di dalam tugas ini bisa berguna bagi kita
semua. Walaupun demikian penulis menyadari sepenuhnya, dalam penyajian dan
penulisan masih banyak sekali kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu penulis
meminta maaf kepada kepala sekolah dan dewan guru MANU bila terdapat sikap ,
prilaku dan kata-kata penulis yang
kurang sopan. Penulis meminta maaf. Penulis disini hanya membantu
siswa yang mengalami kesulitan belajar. Dan bisa membawa kebaikan bagi kita
semua. Selanjutnya penulis mengharapkan kritikan dan saran yang bersifat
membangun pada semua pihak untuk
perbaikan atau penyelesaian penulisan tugas akhir ini.
Akhirnya dengan mengucapkan syukur alhamdulillah
pada Allah Swt penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah
membantu dalam penyelesaian penulisan tugas akhir ini mudah-mudahan tugas ini
bermanfaat bagi saya khusunya, bagi pembaca dan pelajar pada umumnya.
DAFTAR PUSTAKA
Madrasah Aliyah Nahdalatul ulama Tanjung Karang
Septiyana Handayani siswi kelas XII IPA MANU T.karang 2
DAFTAR RIWAYAT HIDUP PENULIS
Nama : BAIDOWI
Tempat tanggal lahir : paku, 04 Juli 1993
Alamat : Jl.lintas sumatra kec. Kelumbayan
kab.Tanggamus
Nama ayah :
Mansur
Nama ibu :
siti rogaiyah
Alamat :
Jl.lintas sumatra kec. Kelumbayan kab.Tanggamus
Pendidikan :
SD Negeri kelumbayan tanggamus 2005/2006
SMP Swadaya bandar Lampung 2008/2009
MANU Bandar Lampung 2011/2012
UNIVERSITAR LAMPUNG 2012 sampai dengan
sekarang
No comments:
Post a Comment